Senin, 28 November 2016

CARA MENGURUS STNK YANG HILANG ATAU RUSAK TERLENGKAP

Tags


CARA MENGURUS STNK YANG HILANG ATAU RUSAK TERLENGKAP
Selamat datang di kafe piak_galoo
Kali ini admin akan menyajikan menu nikmat,yaitu cara mengurus stnk yang hilang atau rusak.hal ini adalah salah satu pengalaman admin sendiri dalam pengurusan stnk yang rusak atau hilang mungkin sebagain dari kita pernah mengalami hal demikian mungkin hal ini terjadi karena surat-surat yang berharga yang ada di dompet kita hilang entah tercecer ataupun di copet seseorang hal ini juga yang membuat kita kalang kabut resa dan galau bagaimana cara mengurusnya entah itu kita memulai dengan bagaimana dan mau bertanya dimana??????
Tak perlu berlama-lama admin akan memberikan solusi keresahan anda dengan prosedur satu,demi satu terlengkap

•    Pertama datanglah ke Kantor Polisi setempat atau tempat tinggal anda untuk membuat laporan surat keterangan kehilangan.tapi admin sendiri di kantor polisi memberikan keterangan bahwa dompet saya tercecer tidak tau kemana,padahal sebenarnya dompet admin kecopetan,hal ini admin lakukan hanya untuk mempermudah prosedur nantinya

•    Kedua foto copy Kartu Keluarga terbaru disertai yang asli hal ini admin beritahukan supaya anda tidak bolak-balik nantinya.kalau anda masih menyimpan photo copy ktp anda bawah juga untuk pendukung nanti,
•    Siapkan juga photo copy stnk anda kau ada,BBKB kendaraan anda yang asli
•    Setelah kedua berkas ini lengkap bawalah ke kantor Samsat terdekat /setelah sampai disana.nanti anda akan ditanya untuk apa dan kenapa???maka anda akan ditanya syarat-syarat seperti yang pertama dan anda akan disuruh untuk mengisi formulir permohonan pembuatan STNK baru karena kehilangan / rusak. Petugas samsat akan mencatat dan memverifikasi data kepemilikan kendaraan tersebut, selanjutnya anda akan disuruh untuk mengecek fisik kendaraan anda seperti anda melaksanakan pembayaran waktu 5tahunan,setelah selesai anda akan disuruh untuk ke salah satu petugas samsat menemui di ruang CPU di sanalah semua persaratan yang telah anda ajukan tadi di verifikasi untuk tahap selanjutnya.
•    Petugas akan menyuruh anda kembali mendatangain samsat yang mempunyai cabang di dekat alamat anda.disana anda akan disuruh mengisi fom dan mendapatkan tanda tangan kepala samsat terdekat tersebut.
•    Selanjutnya anda akan disuruh kembali ketempat samsat pusat yang biasa anda membayar pajak 5tahunan,
•    Berkas anda akan sekali lagi di verifikasi apakah semua sudah lengkap dan memenuhin syarat untuk di verifikasi lebih detil kembali.
•    Disana anda akan disuruh untuk menuju konter pembayaran dan tak lupa mengambil no antrian yang berlaku.
•    Biasanya petugas akan menayakan apakah mengenail STNK tersebut milik kita pribadi ataupun milik keluarga kita.kalau itu bukan milik kita pribadi anda akan disuruh membuat surat pernyataan yang bermatrai Rp6000,dan juga membuat surat kuasa yang bermatrai seperti di atas.dan semua itu harus kita lengkapin terlebih dahulu agar proses lebih lanjut berjalan lancar.
•    Disana petugas akan meminta photo copy ktp kita dan ktp yang asli.beserta ktp asli yang punya kendaraan tersebut dan photo copy juga.
•    Kalau semua sudah tidak ada kendala lagi barulah anda akan menerima bukti untuk pembayaran STNK yang baru....hal ini admin beritahukan bahwa admin membayar iuran administrasi sebesar Rp50.000 dan tidak ada uang tambahan apapun jenisnya..

Kesimpulan:
Syarat:
1.    Surat Keterangan Kehilanga Dari Kepolisian
2.    Foto kopi Kartu Keluarga
3.    Photo copy STNK
4.    BBKB asli kendaraan kita
5.    Surat kuasa
6.    Surat pernyataan
7.    Photo copy ktp
8.    Iuran administrasi pengganti STNK duplikat Rp50.000
Prosedur:
1.    Lapor ke lurah/ kepala desa, dapatkan surat permohonan
2.    Lapor ke kantor polisi terdekat
3.    Datang ke kantor SAMSAT terdekat
4.    Datang ke kantor SAMSAT PUSAT
5.    Cek fisik kendaraan anda
6.    Tunggu proses sampai selesai
Demikianlah artikel tentang tata Cara Mengurus STNK yang Hilang atau rusak terlengkap, cukup sederhana secara teori mudah-mudahan demikian juga kenyataannya.
 Semoga bermanfaat dan urusannya cepat selesai..







EmoticonEmoticon