Minggu, 20 Maret 2016

TIPS TUTORIAL MEMBACA ARTIKEL DI GOOGLE TANPA HARUS SAMBUNGAN INTERNET

TIPS  TUTORIAL MEMBACA ARTIKEL DI GOOGLE TANPA HARUS SAMBUNGAN INTERNET


Tentu banyak dari kita yang sering menemukan artikel menarik di internet saat browsing dengan smartphone. Sayangnya, kerap artikel itu ditinggalkan begitu saja saat ada pekerjaan lain yang menunggu.
Bagi mereka yang terlanjur suka, biasanya akan mem-bookmark si artikel atau situs yang bersangkutan. Namun, untuk membuka kembali artikel tadi, tetap dibutuhkan koneksi internet. Lalu, apa yang terjadi jika paket data habis atau tidak ada koneksi WiFi tersedia? Tenang, karena ada solusi mudahnya!
Cara untuk membaca kembali artikel yang ditemukan di internet sejatinya bukan membookmarknya, tetapi menjadikannya PDF untuk dibaca saat smartphone offline. Bagaimana caranya?
Android
Bagi pengguna gadget Android, untuk menyimpan artikel website dengan format PDF, yang dilakukan pertama adalah membuka artikel tersebut di browser Google Chrome. Kemudian buka menu dan ketuk 'Print'.

Simpan artikel ke PDF di Chrome 2016 Phone Arena

Setelah itu akan muncul jendela baru yang memungkinkan Anda untuk menyimpan artikel itu dalam format PDF. Lalu tinggal ketuk 'Save'. Anda bisa menyimpan hasil file PDF dari si artikel di Google Drive atau memori smartphone. Selesai! Anda bisa membaca artikel itu kapan saja Anda butuhkan.
iOS
Untuk iOS selain versi 9 ke atas, cara untuk menyimpan laman artikel web jadi file PDF sangat mudah. Yang Anda perlukan hanya mengetuk opsi 'Reading List' (ikon kacamata) yang ada di menu 'share' browser Safari. Secara otomatis artikel itu sudah tersimpan dan bisa dibaca saat offline.

Simpan artikel jadi PDF di iOS 2016 Phone Arena IOS 9

Tidak jauh berbeda dengan iOS lain, Anda hanya perlu membuka artikel yang diinginkan di browser Safari, kemudian ketuk menu share dan dilanjutkan dengan opsi 'Save PDF to iBooks'. Selesai, artikel itu akan langsung tersimpan di iBooks di dalam kategori 'PDF'.

Simpan artikel web jadi PDF di iOS 9 2016 Phone Arena

Mudah bukan? Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon